Sabtu, 29 Oktober 2011

teman

TEMAN

Apa arti teman bagi anda ? apakah teman adalah orang yang bersama anda di sebuah tempat dalam waktu tertentu? Atau teman adalah orang yang selalu memberikan anda dukungan ketika anda berada dalam sebuah kesulitan?

Setiap orang memerlukan teman dan tidak ada orang yang mengingkarinya. Bahkan seseorang yang paling introvert pun sebenarnya memiliki teman, minimal ayah dan ibunya. Membutuhkan orang lain adalah sebuah fitrah manusia. Bersama seseorang dalam sebuah waktu adalah sebuah kebutuhan seorang manusia. Namun, tidak semua orang berhasil memahami dirinya sendiri mengapa ia membutuhkan teman. Semua orang tahu dan merasakan kebutuhan itu namun belum tahu mengapa bisa seperti itu.

Adalah khalifah ke tiga, Usman bin affan. Orang yang membuat rosululloh dan bahkan malaikat malu karena sifat pemalu yang dimiliki sang dzunurrain, mengatakan. Ia lebih takut berada di alam kubur daripada berada di neraka, karena tidak ada yang menemani di sana. Katanya, di neraka masih mending ada teman teman lainnya. Tentu saja artinya bukanlah ustman memilih masuk neraka namun ia sedang mengutarakan ketakutan akan ketiadaan seseorang lain yang disebut teman.

Rosululloh mengatakan bahwa teman kita adalah cerminan diri kita. You are who your friends are. Rosulpun mewasiatkan bahwa kita harus mencari teman yang baik. Ar rofiiq qobla thoriiq, teman yang baik sebelum memulai sebuah perjalanan.  Teman yang baik akan membuat kita baik sebagaimana parfum menyebarkan wanginya. Teman yang buruk akan membawa keburukan sebagaimana pandai besi menularkan baunya.

Saya kira intinya sudah jelas, bahwa teman adalah salah satu hal pokok alias hal yang teramat penting dan dipentingkan dalam kehidupan ini. Alloh telah menaruh naluri untuk bersama teman.Teman yang baik.

Saya sendiri merasakan bahwa teman adalah penjaga ketaatan dan kesemangatan. Ketika saya berada di bersama mereka maka selainnya serasa tidak ada nilainya. Sekecil apapun yang kami lakukan menjadi tak ternilai kebahagiaannya. Demikian pula, seberat apapun tujuan yang ingin tercapai maka keringat-keringat terasa menyejukkan dan keletihan terasa menyegarkan.

Sekarang, dalam perantauan ini, dalam jarak ini saya kira tidak perlu dihayati dalam-dalam. Sekaranglah saat untuk mencipta teman-teman baru. Seperti yang dikata para bijak. Teman bukan dicari namun teman harus dibuat. Saya yakin, apalagi teman-teman yang disana juga mendoakan, Alloh akan menyatukan hati-hati yang berjuang di jalannya dan mengikhlaskan amal ibadahnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

monggo menawi wonten komentar.....

Bolehkah berhutang dalam islam …..?

Rosulullah SAW telah mengajarkan kepada kita untuk senantiasa hidup sederhana dan melarang kita untuk hidup bermewah-mewah menghamburkan h...