Selasa, 13 Desember 2011

Lihatlah Di Sekitar Kita....

Lihatlah di sekitar kita..........

Dan hewan ternak telah diciptakannya untukmu, padanya ada bulu yang menghangatkan dan berbagai manfaat, sebagiannya kamu makan. Dan Ia mengangkut beban bebanmu ke suatunegeri yang kamu tidak sanggup mencapainya, kecuali dengan susah payah. Dan di telah menciptakan kuda, bagal dan keledai untuk kamu tunggangi dan menjadi perhiasan. (dari surah An-Nahl)

Apakah kita pernah mengamati hal-hal kecil di sekitar kita ? misalnya di sekitar rumah kita? Mungkin ada pepohonan, mungkin ada hewan-hewan seperti ayam, kucing, atau bahkan nyamuk dan lalat....

Melihat pepohonan dan hewan atau benda-benda lain di sekitar kita pasti sering kita lakukan, namun kalau merenungkannya mungkin kita jarang...atau jangan –jangan tidak pernah. Kita cuek saja toh memang benda-benda tersebut adalah benda yang tidak menarik.

Namun begitu kita pasti setuju bahwa keberadaan semua hal itu tidak pernah sia-sia, semua pasti ada hikmahnya...robbanaa maa kholaqtahadza bathilaa..

Alloh menciptakan –bahkan- benda-benda kecil seperti semut tidak lain dan tidak bukan adalah untuk kebaikan manusia. Beberapa Alloh ciptakan untuk langsung memberikan manfaat pada manusia. Sapi misalnya, selain bisa dimakan daging dan diminum susunya,ia juga bisa membantu pak tani membajak sawah. Dan banyak hal lainnya....

Ada hikmah utama yang seharusnya kita resapi dari keberadaan makhluk-makhluk Alloh di sekitar kita yaitu keberadaan mereka sebagai tanda kekuasaan Alloh. Ketika kita melihat alam sekitar kita maka bagi orang yang berpiikir mendalam ia akan sampai pada pemikiran siapa pencipta benda tersebut. Pemikiran-pemikiran mendalam seperti ini akan membawa seseorang senantiasa ingat akan kekuasaan Alloh. Ia akan merasa tenang dan dekat kepada Alloh. Pemikiran yang dalam ini merupakan bentuk dzikir seorang manusia kepada Tuhannya.

Sejatinya dapat kita lihat betapa Alloh maha pengasih dan penyayang. Ia senantiasa mengingatkan kita akan kebesarannya. Alloh tidak rela hambanya lupa dan terlena dari berdzikir kepadanya. Namun begitu kita masih sering lupa, kita sering menganggap hal-hal atau apa yang terjadi dalam kehidupan kita sebagai angin lalu yang tidak mengingatkan kita kepada-Nya.

Melalui  benda-benda di sekitar kita, peristiwa demi peristiwa  dan seluruh alam raya Alloh berkata :
 “Peringatkan kepada hamba-hambaku bahwa tidak ada Tuhan selain Aku, maka hendaklah kamu bertakwa kepada-Ku.” (An Nahl :2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

monggo menawi wonten komentar.....

Bolehkah berhutang dalam islam …..?

Rosulullah SAW telah mengajarkan kepada kita untuk senantiasa hidup sederhana dan melarang kita untuk hidup bermewah-mewah menghamburkan h...